Ulasan Daftar Merek Dagang Haki

Ulasan Daftar Merek Dagang Haki atau kekayaan intelektual (atau IP) mengacu pada karya kreatif yang dapat diperlakukan sebagai aset atau properti fisik. Hak kekayaan intelektual pada prinsipnya terbagi dalam empat bidang utama; hak cipta, merek dagang, hak desain, dan paten. Patendo konsultan HKI terdaftar siap membantu pendaftaran merek.

Ulasan Daftar Merek Dagang Haki

© Image By picserver.org

Daftar Merek dagang Haki yang dimaksudkan adalah untuk mencegah kebingungan di pasar. Merek dagang dapat berupa nama, kata, slogan, desain, simbol, atau perangkat unik lainnya yang mengidentifikasi produk atau organisasi. Ini secara harfiah adalah tanda di mana Anda berdagang.

Merek dagang dapat dilambangkan dengan ‘R dalam lingkaran’ ® yang menunjukkan merek dagang terdaftar, atau huruf ‘TM’. Di negara lain mereka juga memiliki klasifikasi terpisah untuk layanan dan juga menggunakan huruf ‘SM’ untuk menunjukkan ‘merek layanan’, meskipun sebenarnya mereka menerima perlindungan hukum yang sama dengan merek dagang.

Merek dagang tidak terdaftar seperti yang orang lain gunakan merek di pasar yang sama atau serupa dengan cara yang dapat membingungkan pelanggan yang mencari bisnis Anda (seperti pedagang yang tidak bermoral yang mencoba melakukan perdagangan gelap). Agar berhasil membuktikan kelulusan, Anda harus dapat menunjukkan bahwa:

Nama itu milikmu. misalnya beberapa bukti kepemilikan dan/atau ciptaan (seperti pendaftaran hak cipta) yang mendahului pelanggaran. Pelanggan mengaitkan nama itu dengan Anda. Anda perlu menunjukkan bahwa Anda telah berdagang dengan nama itu dan memiliki pelanggan historis yang telah membeli dari Anda dengan nama itu. Anda telah dirugikan oleh penggunaan nama orang lain. misalnya kehilangan pendapatan.

Untuk menambah bobot klaim, merek dagang juga dapat didaftarkan di tingkat nasional atau teritori pada badan pemerintah yang ditunjuk. Aplikasi merek dagang biasanya membutuhkan waktu antara 6 dan 18 bulan untuk diproses.

Mendaftar di negara-negara akan melindungi merek Anda di negara itu saja, sekarang terdapat Merek Dagang Komunitas (Community Trade Mark) yang mencakup merek di semua negara UE. Ada juga Sistem Madrid yang menyediakan fasilitas untuk mengajukan aplikasi merek dagang ke banyak negara secara bersamaan.

Merek dagang terdaftar dapat diidentifikasi dengan simbol ‘®’. (adalah ilegal untuk menggunakan simbol ® atau menyatakan bahwa merek dagang terdaftar sampai merek dagang tersebut benar-benar terdaftar). Di sebagian besar negara, kantor paten nasional juga akan mengelola pendaftaran merek dagang.

Apa yang Anda Ketahui tentang Daftar Merek Dagang Haki ?

Sementara merek dagang, hak cipta, dan paten semuanya dirancang untuk melindungi hal-hal yang kami buat, masing-masing melindungi jenis IP yang berbeda. Merek dagang paling sering melindungi IP yang terkait dengan perusahaan, seperti kata, frasa, simbol, atau desain yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mempromosikan produk atau layanan.

Perusahaan juga dapat menggunakan merek layanan, yang melindungi layanan mereka dengan cara yang sama seperti merek dagang melindungi barang mereka. Merek dagang dapat membantu bisnis untuk membedakan apa yang mereka buat, lakukan, dan jual dari penawaran pesaing mereka.

Bisnis dapat menjadi lebih dikenal dan menarik bagi konsumen melalui penggunaan nama eksklusif, logo, dan elemen merek lainnya, karena tidak ada bisnis lain yang diizinkan menggunakan elemen tersebut jika dilindungi oleh merek dagang.

Jika Anda mengembangkan sebuah penemuan, merek dagang dapat membantu Anda memasarkan apa yang telah Anda buat. Dengan menggunakan nama dan logo bermerek dagang, misalnya, Anda dapat menghindari risiko orang lain mencoba menggambarkan produk Anda sebagai milik mereka.

Sampai di situ saja informasi yang dapat saya sampaikan tentang ulasan Daftar Merek Dagang Haki. Kami berharap artikel ini memberikan manfaat bagi para pembaca dan kita semua dalam mengembangkan usahanya. Sekian dari saya terimakasih.

Baca Juga:


Bagikan Artikel ini:
Facebook Twitter Blogger