Ketahui Fungsi Jasa Pendaftaran Merek Supaya Anda Tidak Merugi

Pendaftaran merek bukan sekedar pertimbangan pemilik usaha. Hal ini adalah keharusan. Mungkin, Anda belum mengetahui prosedur pendaftaran ini. Untuk itulah, perlu upaya untuk mencari informasi sebanyak mungkin, sebelum Anda memulai proses pendaftaran.

Ketahui Fungsi Jasa Pendaftaran Merek Supaya Anda Tidak Merugi

© Image By picserver.org

Tidak semua orang tahu pentingnya pendaftaran merek. Mereka hanya mengira bahwa mereka dapat memanfaatkan pajak penghasilan setelah merek mereka terdaftar. Namun, lebih banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan, ketika Anda mendaftarkan merek dagang.

Ketidaktahuan Anda juga dialami oleh mayoritas wirausahawan saat ini. Terlebih, mereka yang baru mendirikan usaha, terutama dengan basis UMKM. Mereka terkadang khawatir harus membayar lebih dari yang mereka bayangkan. Terkadang, mereka juga tidak mau dipusingkan dengan prosedur yang harus mereka lalui.

Kenali Apa Saja Fungsi jasa pendaftaran merek Jasa Pendaftaran Merek PATENDO

Disinilah mengapa pelaku usaha, baik usaha berskala kecil maupun menengah dan besar perlu menggandeng pemberi jasa yang dapat mendaftarkan merek mereka. Penyedia jasa dapat memudahkan klien untuk mendaftarkan mereka mereka.

Keuntungan pertama yang yang pastinya didapatkan pengguna jasa adalah eksklusivitas. Pendaftaran merek dagang adalah konfirmasi kepemilikan sah Anda atas sebuah merek. Pastinya, Anda dapat menghentikan tindakan orang lain menggunakan dapat menggunakan mereka Anda untuk barang atau jasa yang sama. Mendaftarkan merek dagang tidak semudah membuat domain situs bisnis Anda. Merek didapatkan melalui upaya legalitas.

Penyedia jasa pendaftaran merek memiliki keahlian di bidang hukum, yang mengatur eksklusivitas sebuah merek dagang. Dengan keahlian mereka, pengguna jasa dapat mengandalkan merek mereka untuk memasarkan produk atau servis, dimanapun merek tersebut didaftarkan.

Bebas Klaim Pelanggaran

Pendaftaran merek dagang menunjukkan bahwa merek Anda sudah tersedia secara legal di sektor pasar Anda. Sebelum merek Anda terdaftar secara resmi, sebuah nama yang sudah Anda ciptakan dengan susah payah dapat digunakan oleh orang lain. Karena itulah, perlu pendaftaran merek secara cepat, karena biasanya pengguna internet jauh lebih cepat dalam menggunakan merek orang lain untuk produk atau jasa mereka.

Kebanyakan, pemilik usaha memilih sebuah nama untuk merek barang atau jasa. Meski tidak memiliki niat buruk, tetapi mereka tidak tahu apakah nama tersebut sudah menjadi milik orang lain. Hal ini sering terjadi karena ketidaktahuan prosedur pendaftaran mereka. Disinilah peran penting dari jasa pendaftaran merek. Mereka dapat membantu klien untuk menentukan mereka yang belum dipergunakan perusahaan lain. Dengan demikian, klien terlindungi dari jeratan hukum yang merugikan secara moral dan finansial.

Keberadaan penyedia jasa pendaftaran merek dagang atau jasa dapat membantu klien untuk mempertahankan reputasi. Merek dengan landasan hukum kuat dan sudah mendapatkan perlindungan secara hukum dapat membangun reputasi bisnis tersebut. Bisnis yang tidak mendaftarkan merek dagangnya tentu akan sia-sia belaka, sekeras apapun upaya promosi yang dijalankan. Bisnis ini akan kehilangan peluang komersial yang tak terhingga.

Contohnya merek terdaftar yang sudah memiliki reputasi apik dan menjadi lebih populer karena mereka adalah pencetus seperti Honda, dimana banyak orang menyebut sepeda motor merek dengan nama ini. Atau Singer, yang dianggap sebagai nama umum mesin jahit. Siapa yang tidak tertarik dengan kepopuleran yang berciri khas? Nama-nama tersebut diatas memang populer karena memproduksi barang jenis tertentu untuk pertama kalinya.

Tujuan utama merek dagang adalah menunjukkan keaslian produk atau jasa. Dengan bantuan pemberi jasa pendaftaran merek, maka pemilik usaha telah melakukan langkah yang tepat dalam melindungi perusahaan mereka. Selain itu, mereka pun dapat terhindar dari masalah hukum yang sebelumnya tidak mereka ketahui.

Baca Juga:


Bagikan Artikel ini:
Facebook Twitter Blogger