X

Hak Merek Dagang Adalah Penting Bagi Usaha Anda

Jika Anda seorang pebisnis, hak merek dagang adalah hal yang sangat penting untuk Anda ketahui. Merek dagang merupakan elemen penting dalam dunia bisnis. Merek menjadi sebuah identitas yang membedakan sebuah produk dengan produk sejenis lainnya. Oleh sebab itu, karena merek adalah sebuah identitas maka beresiko apabila merek tidak dilindungi dengan hukum.

© Image By picserver.org

Salah satu langkah untuk melindungi sebuah merek dagang adalah hak merek dagang. Hal ini perlu dipahami oleh setiap pebisnis demi kelancaran bisnis tersebut. Berikut penjelasan tentang hak merek dagang yang bisa Anda ketahui.

Hak Merek Adalah Perlindungan Hukum

Sebelum membahas lebih jauh tentang hak merek dagang, Anda juga harus mengetahui pengertian merek. Merek merupakan tanda berupa gambar, huruf, logo, nama, susunan warna, angka, dalam bentuk dua dimensi ataupun tiga dimensi yang berupa hologram, suara, atau kombinasi dari dua atau lebih unsur tersebut yang bertujuan membedakan barang dan juga jasa yang diproduksi oleh badan hukum dalam kegiatan perdagangan sebuah barang atau jasa.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa merek adalah identitas yang mampu membedakan antara produk dan produk lainnya, maka merek merupakan elemen yang mewakili sebuah perusahaan. Merek juga berperan sebagai media komunikasi antara produk dengan konsumen baik berupa barang maupun jasa.

Pentingnya sebuah merek mengharuskan merek mendapatkan perlindungan dengan sebuah instrumen yaitu hak merek. Pengertian dari hak merek sendiri adalah sebuah hak eksklusif yang diperuntukkan bagi pemilik merek terdaftar untuk menggunakan merek dagang yang dimiliki dalam proses perdagangan barang dan jasa yang sesuai dengan jenis dan kelas barang atau jasa.

Pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 yang membahas tentang Merek dan Indikasi Geografis. Di Undang – undang ini dijelaskan bahwa merek dagang yang memiliki hak dilindungi memiliki elemen berupa logo, gambar, kata, nama, angka, huruf, susunan warna yang memiliki fungsi untuk membedakan barang dan jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam proses perdagangan barang dan jasa.

Hak merek yang sudah dimiliki akan menguntungkan Anda sebagai pelaku bisnis. Anda bebas menggunakan merek Anda untuk tujuan komersial. Anda juga berhak melarang pihak lain untuk menggunakan merek yang telah Anda daftarkan tersebut.

Contoh dari peran hak merek dagang adalah ketika Anda memiliki sebuah hak merek produk roti bernama Sweet and Happy. Maka, apabila terdapat produk roti lain yang memiliki nama sama yaitu Sweet and Happy, maka Anda dapat melarangnya dan melaporkannya ke jalur hukum. Namun, apabila terdapat produk lain yang tidak memproduksi roti bernama Sweet and Happy, maka Anda tidak bisa melarang produk tersebut.

Mengapa Hak Merek Dagang Penting?

Nama, logo, produk dari sebuah usaha merupakan kekayaan intelektual yang harus memiliki perlindungan hukum. Untuk melindunginya, sudah seharusnya Anda melakukan pendaftaran hak merek. Hal ini guna mengurangi kemungkinan produk Anda dicontek oleh perusahaan lain.

Dengan mendaftarkan merek, tidak hanya mendapatkan keuntungan berupa perlindungan hukum. Pendaftaran merek dagang juga memberikan manfaat lain bagi merek itu sendiri. Salah satu manfaatnya adalah bisnis Anda akan lebih mudah mendatangkan investor.

Ketika investor akan menanamkan saham, mereka tidak hanya melihat laporan keuangan saja, investor juga melihat seberapa signifikan merek tersebut di mata masyarakat. Oleh sebab itu, pendaftaran merek dagang juga mampu mendongkrak bisnis Anda.

Baca Juga:

Itulah penjelasan mengapa hak merek dagang adalah penting bagi bisnis Anda. Segera daftarkan merek dagang Anda di HKI (Hak Kekayaan Intelektual) agar bisnis Anda mendapatkan hak merek dagang sepenuhnya.


Bagikan Artikel ini:

Categories: Berita
celunk: