X

Dimana Cek Merek Dagang? Ini 2 Cara Mudahnya

Merek dagang adalah identitas sebuah produk, tanpanya produk tersebut tak memiliki ciri khas atau pembeda dengan produk lainnya. Karena itulah, pendaftaran merek diperlukan sebagai bentuk perlindungan. Pemerintah dalam hal ini telah menjamin hal tersebut melalui undang-undang yang mengatur di bawah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

© Image By picserver.org

Untuk mendapatkan perlindungan tersebut, pelaku usaha harus mendaftarkan merek dagangnya melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual yang telah diamanatkan oleh Kemenkumham. Ada berbagai syarat yang tertera dalam prosedur pengajuan, salah satunya adalah tidak adanya nama serupa yang telah terdaftar sebelumnya.

Ini diperuntukkan supaya merek bisa dibedakan dan membangun ciri khas mereka sendiri. Oleh karena itu, pelaku usaha mesti menelusuri merek terdaftar untuk menghindari kesamaan tersebut.

Dimana cek merek dagang?  Setidaknya ada dua cara cek merek dagang yang bisa dilakukan sebelum mendaftarkan pada DJKI. Berikut ini caranya:

Website Resmi

DJKI menyediakan website khusus yang dapat digunakan secara umum untuk memeriksa merek dagang terdaftar di seluruh Indonesia. Website ini sangat mudah diakses dengan halaman pdki-indonesia.dgip.go.id. Cukup dengan mengetik nama yang ingin didaftarkan. Sistem secara otomatis akan menelusuri nama serupa dan akan menampilkannya.

Jika terdapat kesamaan, maka Anda harus mengganti nama merek tersebut karena sudah pasti akan ditolak oleh pihak DJKI pada proses pemeriksaan. Ada sejumlah alur untuk pendaftaran merek, salah satunya adalah penelusuran merek terdaftar jadi Anda tidak melewatinya jika terdapat kesamaan.

Konsultan HAKI

Konsultan HAKI adalah lembaga berisi orang-orang kredibel di bidang kekayaan intelektual. Mereka memahami hukum sekaligus prosedur pendaftaran yang bisa membantu masyarakat dalam mengurus pendaftaran merek. Melalui jasa ini, pemilik tentu mendapat efisiensi waktu dan tenaga karena menyerahkan langsung kepada pihak profesional.

Manfaat Merek Dagang

Menggunakan merek dagang tak hanya sebatas identitas, lebih dari itu ia memiliki nilai tinggi dalam berbagai aspek yang bisa dimanfaatkan dalam penggunaannya. Berikut ini manfaat merek dagang yang wajib diketahui:

1. Pembeda dengan Kompetitor

Kompetitor adalah ancaman serius dalam sebuah usaha, namun pada sisi berbeda memberikan motivasi yang besar bagi pengusaha untuk terus membuat inovasi. Dalam satu bidang usaha tertentu mustahil tak memiliki kompetitor, perusahaan dengan produk yang sama akan bisa dibedakan melalui merek tersebut.

Baca Juga:

2. Menambah Nilai Jual Produk

Mendengar nama KFC, setiap orang tentu rela mengeluarkan uang lebih jika dibanding membeli ayam dari gerobak pinggir jalan bahkan jika kualitasnya sama. Inilah yang menjadi nilai merek, dimana semakin dikenal merek tersebut maka semakin tinggi pula nilai jual yang bisa dipatok.

3. Kepentingan Promosi

Promosi adalah proses penting untuk mengembangkan usaha dan mengenalkannya ke pasar. Tanpa strategi promosi yang tepat, maka target penjualan tidak akan bisa tercapai. Merek kemudian ada sebagai identitas yang berkontribusi terhadap promosi agar lebih mudah dikenal orang. Samsung dengan androidnya dan iPhone dengan iOS, ini seperti nama yang membangun citra dari produk tersebut.

4. Menambah Jaminan Produk

Membuat jaminan harus memiliki nilai, aspek ini bisa diwakili langsung oleh merek terlebih pada merek yang telah cukup dikenal publik. Nilainya tak main-main karena telah memiliki porsi di pasar yang telah ditetapkan.

Itulah beberapa cara cek merek dagang sekaligus manfaat yang bisa dikenali. Tak sebatas membuat merek menarik tentunya, tapi membuat nama tersebut memiliki manfaat sama halnya dengan empat hal di atas.


Bagikan Artikel ini:

celunk: