Impor Barang China Apakah Menguntungkan?

Salah satu fenomena yang saat ini semakin marak adalah para pebisnis yang membeli barang-barang China untuk kemudian menjualnya lagi di Indonesia. Tak hanya produk yang bernilai tinggi seperti gadget atau elektronik, bahkan produk yang sepele seperti aksesoris rumah tangga juga banyak diminati.

 

Impor Barang China Apakah Menguntungkan

(c) Image By Pexels.com

 

Hal itu akhirnya memunculkan pertanyaan tentang seberapa menguntungkannya impor barang China. Terutama pertanyaan ini muncul dari mereka yang menganggap bahwa biaya impor sangat mahal, sehingga hal itu akan mengurangi keuntungannya secara signifikan.

Pertanyaan berikutnya, benarkah begitu?

Margin Produk yang Tinggi

Ini adalah alasan pertama yang membuat barang China sangat logis untuk diminati oleh pebisnis di Indonesia. Ya, harga yang sangat murah! Sudah bukan rahasia lagi bahwa barang-barang China dibanderol dengan harga yang lebih murah dibanding produk sejenis dari negara lain. Hal itu yang akhirnya membuat produk China bisa memberikan keuntungan yang besar.

Bahkan ada pebisnis yang impor barang China mampu mendapatkan keuntungan hingga 400% dari harga belinya. Coba bayangkan seberapa besar keuntungan yang bisa ia dapatkan ketika berhasil menjual semakin banyak produk tersebut di Indonesia!

Strategi yang Jitu

Hal kedua yang tentu saja membuat bisnis ini menguntungkan adalah strategi yang efektif. Karena percuma Anda impor besar-besaran tapi menjalankan strateginya keliru. Barang akan tetap sulit terjual. Karenanya berikut ini beberapa strategi yang perlu Anda pahami :

  • Riset Produk dan Pasar

Ingat bahwa bisnis harus selalu diawali dengan riset produk dan pasar. Perlu Anda pastikan bahwa memang produk itu berpotensi untuk dibutuhkan atau diinginkan orang-orang di Indonesia dan produk tersebut juga cukup bersaing. Dalam arti peluangnya masih cukup besar di pangsa pasar Indonesia.

  • Riset Harga

Strategi kedua, tentu saja lakukan riset pada pemasok di China. Cari yang mampu memberikan produk kualitas bagus dengan harga yang paling kompetitif. Karena dengan semakin murah harga yang Anda dapatkan, semakin besar juga keuntungan yang bisa Anda peroleh.

  • Pahami Produk

Hal ketiga, akan lebih baik jika Anda memilih menjual produk yang sudah cukup dikuasai. Karena dengan begitu pun Anda mampu memahami mana produk yang memang berkualitas dan mana yang kurang.

  • Pahami prosedur Import

Tentu saja ini juga menjadi hal yang penting, karena jika Anda keliru memahami, barang juga tak bisa Anda ambil. Alih-alih mendapat untung, barang Anda justru ditahan dan Anda bisa rugi puluhan juta. Salah satu yang juga penting dipahami adalah aturan bea cukai, karena mereka yang menyaring setiap barang yang masuk dari luar negeri.

Anda tak perlu bingung karena bisa menanyakan ini langsung ke jasa import. Misalkan Anda berjualan tas import China, Anda bisa menanyakan pada jasa import tas China yang berpengalaman. Salah satunya yang sudah cukup banyak dikenal kredibilitasnya adalah Trade Service International.

Baca Juga:

Jika Anda sudah siap dan memahami semua strategi tersebut, maka Anda sudah bisa mulai menjalankannya. Anda akan tahu bahwa bisnis impor barang China memang peluang yang menarik untuk mendapatkan keuntungan besar. Semoga berhasil!


Bagikan Artikel ini:
Facebook Twitter Blogger