X

Tips Menabung Jitu untuk Anda yang Memiliki Gaji Pas-pasan

Ingin menabung namun memiliki gaji pas-pasan? Jangan khawatir karena keberhasilan menabung itu tidak hanya ditentukan oleh nominal gaji besar, namun juga kepandaian dalam mengatur keuangan. Karenanya, ada tips menabung khusus untuk gaji pas-pasan yang bisa Anda jadikan pelajaran.

(c) image by pixabay.com

 

Perhatikan Beberapa Hal Ini Jika Anda Ingin Memiliki Banyak Tabungan Walau Gaji Pas-Pasan

Gaji yang pas-pasan bukanlah alasan untuk tidak bisa menabung. Kebiasaan menabung lebih ditentukan oleh pintar-pintarnya seseorang memanajemen pendapatan. Berikut beberapa tips mudah dalam menabung.

1. Membuat Skala Prioritas
Hal terpenting yang harus dilakukan agar Anda bisa menabung setiap bulannya adalah membuat skala prioritas anggaran belanja. Pastikan membeli hal yang benar-benar dibutuhkan terlebih dahulu. Misalnya kebutuhan makan sehari-hari, listrik dan hal pokok lainnya.

 

Skala prioritas inilah yang memudahkan dalam menabung sekalipun gaji yang diperoleh pas-pasan. Akan lebih baik lagi jika mematok minimal tabungan setiap bulan. Setelah itu, Anda baru bisa membeli hal-hal sekunder setelah kebutuhan pokok dan menabung terpenuh.

2. Hindari Mengambil Uang di ATM Terlalu Banyak
Terkadang, seseorang tidak sadar menggunakan uangnya untuk hal yang tidak penting lantaran dompet sedang terisi penuh. Hal ini bisa menghambat keinginan Anda untuk menabung. Karenanya, usahakan untuk tidak mengambil uang di ATM terlalu banyak.

 

Pastikan sesuai kebutuhan dan jangan berlebih. Jumlah yang terlalu besar mendorong seseorang untuk membeli ini itu.

3. Siapkan Rekening Khusus Tabungan
Tips menabung yang ampuh berikutnya adalah membuat rekening khusus tabungan. Rekening ini hanya untuk menyimpan uang tabungan. Tujuannya agar tidak bercampur dengan uang-uang yang lain. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir menggunakan uang tabungan tanpa sadar.

 

Akan lebih baik lagi jika setelah menerima gaji dari kantor, Anda langsung memasukkan sebagian yang ingin ditabung ke dalam rekening tersebut. Dengan konsisten melakukan langkah ini, dijamin tabungan akan semakin besar dari bulan ke bulan.

Baca Juga:

4. Membawa Bekal dari Rumah saat Bekerja
Kebiasaan makan di luar secara tidak langsung dapat menghambat program menabung Anda. Karena makan di luar membutuhkan uang lebih banyak. Oleh karena itu, sebaiknya bawalah bekal dari rumah untuk sehari-hari. Misalnya saat pergi ke kantor.

 

Dengan demikian, uang yang seharusnya dipakai membeli makan bisa ditabung. Boleh sesekali membeli jajan atau makanan, namun hindari jenis makanan yang mahal. Mengingat gaji masih terbilang pas-pasan.

5. Bepergian dengan Membawa Uang Pas
Membawa uang pas saat bepergian kemanapun adalah cara terbaik agar dapat mengontrol keuangan. Kecenderungan sebagian orang adalah membeli ini itu yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan. Hal ini tidak akan terjadi jika membawa uang sekedarnya.

 

Cara ini akan lebih efektif jika meninggalkan kartu ATM di rumah. Meskipun berat dan terasa repot di awal, hal ini akan melatih seseorang untuk mengatur belanja sehemat mungkin sesuai kebutuhan.

6. Gunakan Transportasi Umum
Memutuskan untuk kredit motor atau menggunakan kendaraan pribadi biasanya membutuhkan biaya yang lebih. Belum lagi jika terjadi kerusakan di tengah jalan. Solusi agar lebih hemat adalah dengan memanfaatkan akses transportasi umum.

 

Terlebih, saat ini di kawasan kota besar sudah tersedia aneka transportasi umum yang murah dan nyaman. Misalnya busway, commuter line dan banyak lagi yang lainnya. Namun, akan lebih mudah lagi jika lokasi kantor atau pekerjaan sehari-hari dapat diakses dengan jalan kaki.

 

Beberapa tips menabung di atas memang tidak mudah dipraktikkan, melainkan harus dipaksa sejak dini. Namun, lama kelamaan akan menjadi karakter dan kebiasaan menabung yang memudahkan Anda di masa depan.

 


Bagikan Artikel ini:

Categories: Headline
celunk: