Tips Sukses Memulai Usaha Fotocopy di Kota Besar

Pebisnis pemula biasanya banyak menanyakan tentang tips memulai usaha fotocopy supaya segera bisa balik modal. Apalagi usaha fotocopy modalnya tak sedikit, yang akhirnya memunculkan rasa khawatir lebih besar jika nantinya tidak berjalan lancar. Termasuk mungkin Anda yang berusaha mencari keyword ini, berencana untuk membangun usaha fotocopy dan mencari tips-tips suksesnya.

Tips Sukses Memulai Usaha Fotocopy di Kota Besar
(c) image by pixabay.com

Tidak salah jika ada orang mengatakan bahwa kesuksesan bisnis fotocopy sangat dipengaruhi oleh peluang. Misalkan saja seorang pebisnis mampu memilih lokasi yang strategis dan banyak membutuhkan jasa fotocopy, maka usahanya akan laris, bahkan jika mematok harga mahal sekalipun. Namun juga bukan berarti bahwa kesuksesannya tidak dipengaruhi faktor lain. 

Bagi Anda yang ingin tau lebih mendalam tentang apa saja sebenarnya faktor yang berpengaruh dalam kesuksesan usaha fotocopy, simak ulasannya di bawah ini. 

Tips Memulai Usaha Fotocopy dari Lokasi

Keuntungan usaha fotocopy akan besar jika pelanggan yang datang pun banyak. Hal itu salah satunya sangat dipengaruhi oleh lokasi yang digunakan. Semakin strategis maka semakin besar pula potensi pelanggan datang. Sehingga tentu saja Anda perlu memperhitungkan secara matang lokasi mana yang bisa memberikan banyak pelanggan, seperti lokasi sekitar kampus atau sekolah. 

Beberapa menyarankan bahwa hal itu akan lebih efektif jika menyewa lingkungan di dalam area kampus atau sekolah. Memang benar, tapi membawa konsekuensi yang berat ketika liburan sekolah. karena akhirnya tidak ada pemasukan dari para pelajar atau para mahasiswa. Sehingga lebih baik jika ingin terus beroperasi, Anda memilih lokasi diluar area kampus atau sekolah. Hal ini tentu saja tak sulit jika Anda memulai usaha di kota besar. 

Dilengkapi dengan Produk ATK 

Jangan heran mengapa di hampir setiap tempat fotocopy selalu juga berjualan Alat Tulis Kantor. Karena memang itu menjadi salah satu tips memulai usaha fotocopy yang ampuh hingga saat ini. Pasar yang masih satu jenis, yakni siswa dan mahasiswa menjadi salah satu alasan. Selain juga karena hal itu bisa menjadi pendukung jasa fotocopy, mengingat tak jarang orang membutuhkan ATK pendukung selain copy dokumen. 

Baca Juga:

Tapi supaya Anda juga bisa mendapatkan untung yang besar, perlu cermat ketika memilih tempat grosir ATK. Karena dengan semakin murah Anda bisa mendapatkan harga, jelas akan semakin besar laba yang bisa diambil. Apalagi jika Anda juga membuat daftar harga yang jelas untuk setiap itemnya, hal itu juga akan membuat pelanggan lebih nyaman dalam mempertimbangkan pembelian. 

Alokasi Modal Awal 

Tips memulai usaha fotocopy yang juga tak kalah pentingnya adalah besar alokasi untuk kebutuhan modal awal. Karena jika pemanfaatan modal awal saja sudah kurang efisien, semakin berat nantinya target penjualan untuk menyeimbangkannya. Tak heran jika ada sebagian orang yang menganggap bisnis ini butuh modal besar, tapi sebagian lain justru sebaliknya menganggap modal kecil saja sudah cukup. 

Saat membeli mesin fotocopy misalnya, sering karena masih awam mudah tergiur dengan perkara harga. Melihat saja sekilas harga yang jauh lebih murah langsung tertarik lalu membeli. Padahal bisa jadi mesin tersebut kurang terkenal mereknya, sehingga otomatis sulit untuk mencari sparepart. Bahkan ada pula yang langsung memutuskan untuk membeli mesin rekondisi, tanpa menganalisa dulu apakah memang masih bagus. 

Tak sulit untuk mendapatkan mesin yang berkualitas tapi harganya masih ramah. Yakni dengan membeli mesin fotocopy di distributor resmi. Seperti salah satu distributor mesin fotocopy Canon yang sudah teruji kualitasnya adalah PT. Samafitro yang berkantor di Jawa Tengah. Mereka siap mengirimkan produk ke berbagai wilayah di Indonesia termasuk hingga luar pulau. Sehingga misal Anda sedang mencari mesin fotocopy Medan, tak perlu khawatir kesulitan. 

Bahkan kabar baiknya lagi pelanggan bisa mendapatkan garansi satu tahun dan free ongkir untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY. Semakin nyaman dengan pelayanan yang memuaskan dari para sales handal dan berpengalaman. Sehingga Anda pun bisa mendapatkan produk terbaik sesuai kebutuhan dan budget yang tersedia.

Jadi itulah beberapa tips memulai usaha fotocopy yang sangat penting karena akan berpengaruh pada kesuksesan usaha Anda kedepannya. Semoga bermanfaat!


Bagikan Artikel ini:
Facebook Twitter Blogger